Post Page Advertisement [Top]
















Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa atau lebih dikenal dengan LDKS telah dilaksanakan di SMKNU Miftahul Huda Kepanjen. Sebanyak 30 siswa digembleng selama 3 hari mulai 27-29 Januari bertempat di sekolah untuk mempersiapkan kader kader OSIS yang tangguh. dibawah pelatihan staff Kesiswaan Bpk. Nur Arifin S.Pd dan Bpk Afi kegiatan berlangsung ceria dan syarat makna. by the way kenapa sih kita harus ikut LDK, hmmm banyak pertanyaan yang muncul ketika siswa memilih OSIS sebagai ajang berkreasi. yuk mari pahami apa manfaat LDK bagi kita:


Belajar Tentang Organisasi

Pastinya, di dalam LDK kamu akan mempelajari segala hal tentang organisasi. Mulai dari struktur organisasi hingga alur pelaksanaan kegiatan. Dengan mengikuti LDK, kamu akan memahami seperti apa yang dimaksud organisasi.

Kamu pun akan belajar bagaimana cara memimpin organisasi. Kamu akan diajarkan berbagai kemungkinan yang akan dihadapi seseorang ketika memimpin suatu organisasi. Selain itu, kamu akan belajar pula bagaimana pembuatan proposal hingga pendataan yang baik dalam suatu organisasi.

Kamu juga akan dilatih bagaimana caranya membuat suatu kegiatan. Mulai dari mengolah konsepnya hingga membuat mekanisme teknis dari acara tersebut. Segala hal berkaitan dengan pengetahuan organisasi akan kamu dapatkan di sini.

Pada pelatihan tentang organisasi, kamu juga akan belajar bagaimana cara berkomunikasi secara ideal dalam suatu organisasi. Untuk dapat memahami hal itu, biasanya di dalam LDK kamu akan dibagi ke dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok itu akan memiliki tugas masing-masing yang harus diselesaikan secara bersama-sama.

Tentunya, dalam menyelesaikan tugas kelompok itu kamu akan belajar bagaimana mengatur komunikasi dengan teman-teman kelompok sehingga tugas LDK kamu selesai. Oleh sebab itu, kamu merasakan sendiri bagaimana cara ideal untuk membentuk komunikasi yang baik.
Melatih Kepercayaan Diri

Bagi Quipperian yang merasa dirinya kurang percaya diri dalam kehidupan sehari-hari, ada baiknya kamu mengikuti LDK. Sebab, pada rangkaian pelatihan LDK, kamu akan dilatih untuk lebih percaya diri. Karena, berbagai materi yang akan diajarkan kepada kamu membantu kamu untuk mencari kelebihan diri kamu.

Selain itu, keharusan kamu aktif selama materi LDK disampaikan akan membantu kamu untuk menghadapi rasa takut gagal yang menghantui pikranmu. Biasanya, oleh fasilitator LDK, kamu akan diminta berinteraksi dan menjawab beberapa hal.

Saat kamu ditodong pertanyaan itu, kamu akan memberikan jawaban yang ada di benak kamu. Setelah berhasil berbicara pada satu sesi, biasanya kamu akan terbiasa berani di sesi selanjutnya. Secara tak langsung, kamu sudah belajar lebih percaya diri.

Kamu juga akan lebih berani menyampaikan pendapat. Walau, setelah LDK, kamu tidak langsung berubah menjadi sosok yang vokal. Setidaknya, saat kamu berada di lingkup kelompok kecil, kamu berani mengungkapkan pendapat. Jadi, buat kamu yang merasa sebagai pemalu, ada baiknya kamu melatih kepercayaan diri kamu dengan mengikuti LDK.



Belajar Menyelesaikan Masalah

Di dalam LDK, kamu akan mengikuti beberapa permainan yang memiliki fungsi melatih cara berpikir kamu untuk menyelesaikan masalah. Dalam berbagai permainan itu, kamu harus menyelesaikannya dengan cara-cara tertentu yang pastinya memicu kamu untuk berpikir.

Ada permainan yang benar-benar mudah dan ada pula yang pastinya sulit. Tantangan tiap permainan itu akan berbeda-beda. Selain itu, ada permainan yang bisa kamu selesaikan sendiri dan ada yang mengharuskan kamu bekerja sama dengan teman-teman untuk menyelesaikannya.

Rangkaian permainan itu masing-masing memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Tapi, inti dari setiap permainan itu adalah cara menyelesaikan masalah itu berbeda-beda, bergantung permasalahannya. Sama halnya dengan permainan yang kamu ikuti. Ada berbagai permainan yang cara permainan dan penyelesaiannya berbeda-beda.

Hal itulah yang ingin ditanamkan fasilitator kepada kamu sebagai peserta. Dibingkainya pelatihan dengan permainan agar kalian memahaminya dengan cara yang menyenangkan. Sebab, ilmu yang didapatkan saat senang akan terus teringat hingga kapan pun.
Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, dalam LDK kamu akan memainkan berbagai permainan yang mengharuskan kamu berpikir. Dengan kata lain, kemampuan berpikir kamu akan sangat dilatih di dalam LDK.

Kamu akan dilatih menggunakan logika untuk melihat suatu masalah. Para fasilitator akan mengarahkan kamu untuk melihat segala kemungkinan yang bisa kamu ambil dengan menggunakan pemikiranmu.

Selain itu, selama LDK, kamu akan dilatih untuk dapat berpikir dalam kondisi apapun dengan sekreatif mungkin. Pastinya, hal itu akan berdampak pada peningkatan keberanian kamu dalam mengekspresikan diri.

Hasilnya, setelah selesai LDK nanti, kamu akan mampu mencari solusi dengan cara berpikir berbeda dari teman-teman lainnya. Hal itu akan menjadikan kamu memiliki pola pikir jauh ke depan dan bisa mengantisipasi permasalahan.
Mengasah People Skill

Dengan mengikuti LDK, kamu akan mendapatkan pelatihan people skill atau keterampilan bersosialisasi. Sebelum masuk ke penjelasan, kamu perlu tahu dulu people skill itu apa. Secara sederhana, people skill adalah keterampilan dalam berhadapan dengan orang lain dengan cara yang tepat sehingga lawan bicara akan selalu nyaman saat berhadapan dengan diri kita.

Keterampilan ini akan sangat berguna dalam kehidupan kamu, baik saat di sekolah maupun untuk masa depan. Sebab, dengan mampu menerapkan keterampilan itu, kamu akan mengerti bagaimana menghadapi orang lain tanpa membuatnya risih atau terganggu atas keberadaan kamu.


naahh.. banyak kan manfaatnya. Yuk bikin OSIS SMKNU Miftahul Huda lebih Jaya!

Komentar Facebook :
Komentar dengan Akun Google :

1 komentar:

Bottom Ad [Post Page]