Post Page Advertisement [Top]




Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Pengembangan Bidang Pendidikan Vokasi Kamis - Sabtu (21-23/10/2021) menggelar Lokakarya Pendampingan Implementasi Pembelajaran Pada Program SMK PK, kegiatan yang bertempat di Hotel IBIS Kota Surabaya dibuka secara resmi oleh Koordinator Pengembangan Pendidikan Vokasi, Dra. Idama Tiurria, M.M. Kegiatan ini diikuti oleh 69 Peserta SMK Pusat Keunggulan yang ditunjuk.


Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa Lokakarya Pendampingan Implementasi Pembelajaran pada Program SMK PK ini, merupakan program dukungan teknis dalam pelaksanaan implementasi pembelajaran dengan paradigma baru di SMK PK, dengan menerapkan pembelajaran dengan paradigma baru di sekolah secara efektif dan efisien, disampaikan pula bahwa kegiatan ini bertujuan untuk sharing / berbagi kendala-kendala selama ini muncul di pelaksanaan progam SMK PK disamping juga  evaluasi sumberdaya manusia yang telah disiapkan secara khusus yang ditugasi untuk mendampingi sekolah di pendampingan tahap dua.

 


Bentuk dukungan Tenaga SDM tersebut akan menjadi mitra konsultasi dan diskusi dalam proses pelaksanaan dan pencarian solusi terhadap permasalahan yang muncul di lapangan terkait dengan implementasi pembelajaran dengan paradigma baru pada program SMK PK. Penguatan penyusunan Kurikulum operasional sekolah disampaikan oleh Leli Alhapip, S.Pd., M.Eng. dari Puskurbuk dan dan Dr. Miftahu Soleh, M.Sc dari BBPPMPV BOE.


Hal ini merupakan tindaklanjut kegiatan yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa di seluruh Indonesia melalui Program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan (PK).


Program SMK PK adalah program yang berfokus pada pengembangan serta peningkatan kualitas dan kinerja SMK dengan bidang prioritas yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia kerja, untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha dan menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.





Agenda  Lokakarya Pendampingan Implementasi Pembelajaran Pada Program SMK PK ditutup dengan penguatan Penyusunan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja ( P5BK ) yang disampaikan oleh Drs. Gunawan, M.Si dari BBPPMPV BOE.


Delegasi SMKNU Miftahul Huda diwakili oleh Bapak Tri Yugo Siswo Bintoro S.Pd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum mendapatkan banyak pencerahan dan solusi dari kegiatan ini yang nanti akan dijadikan penataan dan menutupi kekurangan dari implementasi penerapan program SMK Pusat Keunggulan di SMKNU Miftahul Huda Kepanjen. 


Beliau bersyukur dengan adanya program dari Kemendikbudristek dalam Lokakarya pendampingan Implementasi Pembelajaran Pada Program SMK Pusat Keunggulan bisa membantu meningkatkan agenda SMK Pusat Keunggulan dengan suksesi efisiensi  platform digital; menghasilkan peningkatan pada soft skills dan hard skills peserta didik yang sesuai kebutuhan dunia kerja dan mempunyai nilai karakter Pancasila; peningkatan sarana prasarana praktik belajar yang berstandar dunia kerja; dan mewujudkan perencanaan yang berbasis data melalui manajemen sekolah






Komentar Facebook :
Komentar dengan Akun Google :

2 komentar:

  1. semoga smknu Miftahul Huda semakin sukses

    BalasHapus
  2. Mantap pokoknya SMK NU Miftahul Huda Kepanjen.....👍👍

    BalasHapus

Bottom Ad [Post Page]