Post Page Advertisement [Top]

 


Dalam rangka menindak lanjuti penjajakan kerjasama dengan  PT Astra Daihatsu Motor (ADM)  dalam Program Pintar Bersama Daihatsu, sebuah program yang bertujuan untuk mencerdaskan insan pendidikan di Indonesia yang salah satunya  adalah pemenuhan alat praktek bidang produktif berikut bengkel otomotif, Jajaran Pimpinan SMKNU Miftahul Huda Kepanjen melakukan studi banding pada hari Selasa 12 Oktober 2021 ke SMK Islam 1 Blitar sebagai sekolah proyek percontoan yang membawahi 16 sekolah program PBD di Jawa timur.


Di kesempatan ini Bapak Kepala SMKNU Miftahul Huda Kepanjen, Gus Imam Arifin S.PdI didampingi Wakil Kepala Humas, Bapak Ulum Vahidin S.Pd bersama Kaprodi Pemesinan dan Teknik Kendaraan Ringan, Bapak Dwi Hadi Santoso S.Pd berikut  Bapak Chusni Alfaina S.Pd langsung dijamu oleh Bapak Kepala SMK Islam 1 Blitar, H. Solihin M.Ap


Dijelaskan oleh beliau, Program PBD di sekolahnya ini menekankan pada aspek peningkatan soft skill dan hard skill sebagai kebutuhan utama di industri dan dunia kerja. Hard skill membekali ketrampilan siswa yang riil/identik sama dilakukan di industri/bengkel Daihatsu. Materi ini dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah. Secara garis besar materi soft skill PBD menekankan pada aspek sikap kerja siswa karena diharapkan siswa bisa masuk ke dunia industri di mana saja.


Wakil Kepala Sekolah bagian Sarana Prasarana, Bapak Rohman dan Kaprodi TKRO, Bapak Jaenal S.T yang membersamai tim delegasi SMKNU Miftahul Huda Kepanjen berkeliling ke bengkel Otomotif dan Pemesinan menyampaikan Kali ini, SMK islam 1 Blitar telah mengimplementasikan soft skill dan hard skill diantaranya; tentang budaya industri 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke), pelaksanaan work habit, penerapan safety, peningkatan mutu sekolah, pelaksanaan kurikulum Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO), standard sarana dan prasarana TKRO


Catatan penting yang dibawa pulang tim ke sekolah adalah sistem pelaksanaan dan tata kelola bengkel, diharapkan hal ini bisa menyesuaikan dengan kondisi nyata Dunia Usaha dan Dunia Industri, sehingga ketika Siswa Praktek Kerja Industri atau bahkan bekerja di Perusahaan bisa langsung siap menyesuaikan. Semoga Kunjungan sehari ( 12/10 ) bisa memberikan dampak yang lebih baik untuk SMKNU Miftahul HUda Kepanjen sebagai SMK Pusat Keunggulan. 

 



Komentar Facebook :
Komentar dengan Akun Google :

2 komentar:

Bottom Ad [Post Page]