Post Page Advertisement [Top]



Kemendikbud Ristek, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri,  menggelar Bimbingan teknis Tracer Study, selama 3 hari dimulai Senin Tanggal 1 November 2021 dan berakhir Hari Rabu Tanggal 3 November 2021, dengan mengusung Tema Tracer Study Dalam Rangka Penjaminan Mutu SMK di hotel Santika Premiere Malang. Bimtek ini dilaksanakan serentak di tiga wilayah yang untuk pelaksanaan wilayah Jawa Timur bertempat di Malang.  


Bimbingan Teknis yang diperuntukkan untuk Ketua Bursa Kerja Khusus / BKK di SMK ini untuk wilayah Kabupaten Malang diikuti 13 Peserta, salah satunya adalah Ketua BKK SMKNU Miftahul Huda Kepanjen,Bapak  Nurhalim Ferico Apendi M.Pd. Mengingat pentingnya Kegiatan ini, Kemendikbud Ristek Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi, Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, memaparkan aplikasi Tracer yang nantinya bisa digunakan oleh tiap gugus sekolah yang bermanfaat bagi lulusannya selain tujuannya untuk mengetahui sejauh mana keterserapan alumni SMK pada Iduka.


Hal ini diakui oleh Pak Nurhalim sangat bermanfaat  karena hasil bimtek tracer study dengan memanfaatkan teknologi aplikasi yang mampu mendata sekaligus merancang strategi pengumpulan data bagi alumni yang terserap pada iduka.


Bimbingan Teknis ini menerangkan alur pelaksanaan pengumpulan data alumni serta penjelasan penjelasanya yang dimulai dengan  pengiriman data lulusan, bimbingan teknis, menyusunan database lulusan yang menjadi responden, validasi data responden, menghubungi responden , membuat media komunikasi, mengirimkan tautan aplikasi, pendampingan responden, mengirimkan reminder, klarifikasi instrument kepada responden dan menyusun dan mengirimkan laporan.


Sementara itu, Plt  Direktur Mitrasdudi, Saryadi, ST, M.BA, dalam sambutanya mengatakan tracer study atau survei lulusan adalah studi mengenai lulusan dari SMK yang mampu berbagi informasi yang bermanfaat bagi kepentingan evaluasi hasil pendidikan vokasi dan selanjutnya difungsikan sebagai penyempurnaan dan penjaminan kualitas lembaga pendidikan vokasi yang bersangkutan. Sehingga mendapatkan umpan balik dari alumni dunia kerja orang tua pendidik dan professional.


KataBapak Saryadi, tracer studi media untuk evaluasi diri di masing masing satuan pendidikan vokasi khususnya bagi SMK, kedepan  indikator kinerja SMK akan dituangkan dalam rapor pendidikan di mana salah satu komponen rapor pendidikan itu adalah keberkerjaan lulusan.


Berdasarkan hal ini, kata beliau dalam pelaksanaan tracer study ini akan dibentuk gugus tugas pada masing masing satuan pendidikan yang bertugas untuk melaksanakan pendataan kepada alumni yang telah ditentukan.




Saat ini,hampir  tiap SMK masih terjadi kekurangan terutama keterbukaan lulusan yang menginformasikan terkait keberadaan kerja alumni. Dengan adanya bimtek ini diharapkan lebih akurat lagi dalam penyajian data lulusan yang nantinya bisa diambil  sebagai kebijakan. Ketua BKK SMKNU Miftahul Huda berharap dengan hasil yang dibawanya dari Bimtek bisa membuat alumni SMKNU Miftahul Huda tercatat dan tersalur dengan baik, sehingga muara akhir dari SMK sebagai kendaraan sukses peserta didik benar-benar terfungfsikan dengan baik.


SMKNU Miftahul Huda

SMK Bisa, SMK Hebat, SMKMifda BERKARYA!







Komentar Facebook :
Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]