Post Page Advertisement [Top]



Masih dalam rangkaian Penguatan Program SMK Pusat Keunggulan, SMKNU Miftahul Huda Kepanjen pada hari Rabu, 3 November 2021 mengadakan Workshop Penyelarasan Kurikulum Bahan Ajar (Manual dan Digital) dengan PT. Metromesin Mendunia. Acara ini dihadiri oleh 43 orang pendidik perwakilan mapel adaptif/normatif dan perwakilan pendidik dari masing-masing program keahlian beserta staff. Dengan narasumber Bapak Hadi Apriliawan STP MP, Direktur Operasional PT. Metromesin Mendunia dengan didampingi Bapak Andre Firmansyah, Manajer PT. Metromesin Mendunia.




Rangkaian acara ini dimulai dengan pemaparan Kurikulum Sekolah yang disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Bapak Tri Yugo Siswobintoro S.Pd. Disampaikan oleh beliau ada beberapa hal yang berubah terkait penyebutan program Studi di kurikulum SMK Pusat Keunggulan di sekolah ini yaitu Program Keahlian Teknik Mesin menjadi Konsentrasi: Mekanik Mesin Rekayasa dan Konstruksi, Program Keahlian Teknik Otomotif, Konsentrasi: 1. Regulary Car Maintenance; 2. Teknisi Alat Berat, Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan dan Telekomunikasi Konsentrasi: Network Engineer; Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan, Konsentrasi Mechanical electrical; dan Program Keahlian Layanan Kesehatan, Konsentrasi Home Care dan Layanan Balita. Disamping itu dijelaskan pula oleh Pak Triyugo pembelajaran P5BK budaya kerja melalui 9 tema wajib dilaksanakan yaitu aspek Budaya Kerja, Kebekerjaan dan Gaya Hidup Berkelanjutan 




Setelah pemaparan kurikulum, acara berlanjut ke pemaparan Bahan Ajar Manual dan Digital oleh Kepala Program Keahlian Teknik Mesin, Konsentrasi Mekanik Mesin Rekayasa dan Konstruksi, Bapak Dwi Hadi Santoso S.Pd yang menyebutkan kesiapan diterapkannya di Kegiatan Belajar Mengajar harian. Diutamakan pemberian Gambar teknik yang sebelumnya diajarkan mulai kelas XI, tetapi di program ini sudah mulai diajarkan di kelas X dengan konsentrasi separuh manual dan digital. Program ini lahir sebagai upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja. Tentunya, program tersebut atas saran dan diperkuat dengan adanya kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yang turut andil memasukkan hal ini di kurikulum SMK PK.  




Jelang sore yang diiringi hujan deras di wilayah Mojosari Kepanjen, Workshop bertambah hangat ketika berlangsung Diskusi Informatif berkaitan dengan penyelarasan bahan ajar oleh Narasumber Bapak Hadi Apriliawan STP MP, Direktur Operasional PT. Metromesin Mendunia dengan didampingi Bapak Andre Firmansyah, Manajer PT. Metromesin Mendunia. Beliau berdua menekankan pentingnya aspek kedisiplinan yang harus ditanamkan di siswa melalui kurikulum sekolah Pusat Keunggulan sebelum mereka turun langsung di dunia praktek kerja industri atau bahkan sudah bekerja di Dunia Industri dan usaha. Budaya kerja dengan disiplin ketat sudah harus dikampanyekan dengan metode Reward / Penghargaan dan Punishment / Hukuman dengan penempelan aturan-aturan di sudut-sudut sekolah agar bisa dilihat siswa. Hal ini sudah diterapkan dan terbukti berhasil di terapkan di PT. Metromesin Mendunia dengan meningkatnya kinerja dan produktifitas karyawan. Pengawalan dan kontinuitas jalannya program harus dijaga oleh stakeholder tentunya dengan adil dan disiplin pula.





  

Joke-joke segar Bapak Nailul Falah sebagai pemandu acara membuat peserta bergairah dan tidak ada satupun yang mengantuk. Usulan penggunaan Las Argon sebagai alat praktek pengelasan mencuat di forum ini karena hampir semua dunia industri telah menggunakannya. Pembelajaran paradigma baru diharapkan bisa mengubah pola pikir dari fixed zone/ zona stagnan ke growth zone / zona belajar dan berkembang. Workshop ditutup dengan penandatanganan kurikulum dan bahan ajar, serta doa dari Bapak Anas Efendi BA. 


SMK Bisa, SMK Hebat

SMKNU Miftahul Huda Berkarya!


Galeri Foto-Foto Workshop

















#smkpusatkeunggulan #smkPK #smkbisa #smkhebat

    

Komentar Facebook :
Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]