Post Page Advertisement [Top]



Pentingkah Digital Media Marketing Untuk Sekolah?


Workshop Digital Marketing Strategy & Social Media Marketing SMK Pusat Keunggulan Batch 11 bagi Kepala SMK Pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan yang diikuti 75 peserta berlangsung di Hotel Grand Mercure Surabaya selama 4 hari, yaitu hari Selasa - Jumat, 26-29 Oktober 2021. Kegiatan workshop ini  diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi menggandeng Dyandra Academy dengan Materi Digital Marketing Strategy dan Social Media Marketing. Program untuk Kepala Sekolah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya marketing dengan mengoptimalkan Digital media marketing dan mendukung peningkatan kompetensi dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan promosi sekolah serta mendukung manajemen sekolah berbasis teknologi informasi bagi SMK Pusat Keunggulan.


Workshop dibuka oleh Bapak Sulistyo Cahyono MBE., Ketua Koordinator Bidang Penyelarasan SMK Vokasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri yang mewakili Direktur Jendral Vokasi dihadapan 75 Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan dari Wilayah Indonesia Timur yaitu Jawa Timur, Bali, Sulawesi, kalimantan, NTT, NTB dan Papua. Workshop yang menerapkan Protokol Kesehatan ketat ini mengharuskan peserta sudah melaksanakan vaksin dua kali dan PCR / Swab Antigen diharapkan oleh beliau bisa menjadi strategi marketing ampuh bagi SMK Pusat Keunggulan untuk membuka diri dan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Ditambahkan oleh Ketua Pelaksana, Ibu Dra. Yuliati Nur M.Si., Wakil Sub. Koordinator Penyelarasan Sekolah Menengah Kejuruan Bidang Vokasi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri tentang pelaksanaan Workshop ini yang sudah memasuki tahap 11 di seluruh Indonesia. Ibu Yuliati juga menegaskan akan ada Tahap II yang dilaksanakan sebagai tindak lanjut teknis pengembangan bagi tenaga digital marketing di tiap SMK Pusat Keunggulan.




Materi yang diberikan dalam workshop digital marketing ini antara lain: Pengantar Digital Marketing development oleh Bapak Yusuf M.Si Kepala Penyelenggara dari Dyandra Academy yang merupakan anak bidang dari Perusahaan Kompas Gramedia. Materi hari kedua adalah Phsychology aspect yang dibawakan oleh Pemateri dan Motivator Nasional dari Jakarta, lulusan Oxford uniersity Ibu Dewi Chrisanty yang menerangkan tentang pentingnya sumber motivasi, pikiran untuk berubah, Fix & Growth Mindset dan ditutup dengan Developing a Growth Mindset. Di sesi ini peserta diajak untuk mengenali keadaan diri dan merubah dari keadaan stagnan ke dinamis. Ada banyak games dan soal-soal  pengembangan diri selain testimoni masing-masing kepala Sekolah terkait capaian dan harapan sekolahnya masing-masing.   



 

Di hari ketiga Materi tentang pengenalan Digital Marketing dan penentuan bisnis target ke audiens. Materi ini dibawakan dengan renyah oleh Pemateri Dyandra Academy, Kakak Karinta dari Divisi Training Associate Dyandra Academy. Ditambahkan di materinya, bahwa promosi sekolah harus dimulai dari branding terlebih dahulu, identitas harus tercipta. Peserta diberikan pemahaman tentang Brand ( identitas dari merk yang dikenal sekolah ), Branding ( kegiatan komunikasi dari media ) dan Brand Identity ( nilai yang dibentuk untuk menonjolkan karakter bisa warna, bentuk, dan juga simbol )




Sosial Media yang paling diminati menurut survey adalah sebagai berikut : Youtube sebesar 88%, Facebook sebesar 82%, Instagram sebesar 79%, Twitter sebesar 58% dan Tik Tok sebesar 25%. Media Promosi Sosial Media tersebut sangat bermanfaat dalam promosi sekolah ataupun untuk pengembangan proses pembelajaran, Branding SMK sangat penting sehingga Sosial Media dipandang sebagai salah satu media yang vital di era sekarang. Menurut data jika user mengunjungi  1 kali kunjungan Youtube minimal menonton 10 Video berbeda, Youtube bukan lagi sebagai sebuah website tetapi juga sebuah industri dimana beberapa materi popular kreasi konten antara lain Music, Gaming, Kid Content, People and Personalities, Comedy, Beauty, Technology and random/weird. Strategi frekuensi posting ideal sebagai berikut postingan Engaging Videos 1x/minggu; Shareable Story 1x/hari; Visual Aesthetics 1x/hari; Music& Dance 1x/hari. Dengan saran pemanfaatan konten media 30% Edukasi,20% Promosi,20% Interaksi,20% Inspirasi,10% Emosi.




Mohammad Syah Rizal S, yang ditunjuk untuk kegiatan ini mendapatkan banyak pencerahan terkait bagaimana memasarkan Sekolah melalui Digital Marketing. Seperti yang kita ketahui, di era modern yang cenderung dinamis ini pemasaran bisa dihadirkan hanya dengan menggerakkan jari kita di telpon genggam kita sambil rebahan di rumah tanpa harus bersusah payah ke lokasi tujuan kita. Pengemasan dan strategi digital marketing inilah yang ia jadikan oleh-oleh untuk mengembangkan citra sekolah untuk bisa dilirik oleh calon peserta didik baru SMKNU Miftahul Huda kedepan dan memberi solusi untuk walimurid terkait kebingungan mereka memilihkan SMK terbaik untuk putra putrinya. 


Sudah jelaskan bagaimana pentingnya Digital Marketing Strategy di SMK Pusat Keunggulan?


Now Time For Action

SMKNU Miftahul Huda BERKARYA 


#mitradudi #smkpusatkeunggulan #smkPK #smknumiftahulhudakepanjen




Komentar Facebook :
Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]