Post Page Advertisement [Top]

 


Program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan adalah program yang berfokus pada pengembangan serta peningkatan kualitas dan kinerja SMK dengan bidang prioritas yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia kerja, agar menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha dan menjadi SMK rujukan serta pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.


Terpilihnya SMK NU Miftahul Huda Kepanjen sebagai SMK Pusat Keunggulan pada tahun 2021 ini menjadikan perubahan paradigma Pendidikan yang semakin maju. SMK NU Miftahul Huda Kepanjen mendapatkan Pendampingan Implementasi Pembelajaran Paradigma Baru SMK Pusat Keunggulan oleh Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Malang. Pendampingan yang diselenggarakan di Aula Pertemuan Gedung Central Of Excellent ini merupakan rangkaian yang harus dijalani setelah  SMK NU Miftahul Huda Kepanjen yg ditunjuk menjadi salah satu Sekolah Pusat Keunggulan Tahun 2021. Hadir sebagai pendamping Ibu Peny Iswindarti, S.Kom, M.T. 


Pendampingan ini diselenggarakan selama dua hari yakni tanggal 5 s.d. 6 November 2021.  Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Bapak Tri Yugo Siswo Bintoro S.Pd., memulai acara pendampingan dengan mengucapkan terimakasih atas kesediaan pendampingan yang intensif dari BBPPMPV BOE Malang





Pendampingan dilakukan dengan tujuan untuk mereview progress kegiatan implementasi pembelajaran paradigma baru SMK Pusat Keunggulan di SMK NU Miftahul Huda Kepanjen. Hal-hal yang direview oleh pendamping adalah Dokumen Kurikulum Operasional Sekolah (KOS), Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran, Alur Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar. Pendamping BBPPMPV juga melakukan observasi pembelajaran langsung baik yang tatap muka di kelas (luring) maupun melalui LMS (daring).


“Kami selaku pendamping sangat mengapresiasi dan mendukung SMK NU Miftahul Huda Kepanjen sebagai SMK pilihan yang ditunjuk menjadi SMK Pusat Keunggulan, tidak semua SMK di Indonesia mempunya keuntungan seperti ini, jadikan modal untuk terus berkembang lebih baik.”, ungkap Ibu Peny Iswindarti, S.Kom, M.T. selaku pendamping dari Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) BOE Malang, yang juga merupakan Dosen Teknik Informatika di Sekolah Tinggi Teknik Atlas Nusantara.




Di kesempatan ini beliau juga mereview RPP Produktif Program Studi Teknik Kendaraan Ringan yang diampu oleh Bapak Syafriansyah Fachri Ali S.Pd. Beberapa catatan diberikan oleh Ibu Peny tentang elemen topik untuk menentukan alokasi waktu sampai ke target dan model pembelajaran yang dipilih. Beliau juga memberikan pencerahan tentang perbedaan Metode yang bisa berbentuk diskusi, ceramah, tanya jawab dan lainnya, dengan Model yang berupa sintaks (PBL, PJBL, dll) sedang untuk  Pendekatan berbasis Saintifik dan bersifat keilmiahan. 


Kegiatan pendampingan hari pertama, diawali dengan mengidentifikasi  permasalah terkait dengan pembelajaran SMK Pusat Keunggulan. Guru-guru mengidentifikasi masalah terkait dengan (1) kerangka dasar; (2) spektrum keahlian; (3) struktur kurikulum; (4) capaian pembelajaran; (5) prinsip pembelajaran dan asesmen; (6) perangkat ajar; (7) P5BK; (8) KOS; (9) kewenangan mengajar guru; (10) evaluasi pembelajaran, serta menemukan alternatif solusi didampingi oleh Ibu Peny Iswindarti, S.Kom, M.T.. Solusi tersebut kemudian disepakati seluruh warga sekolah untuk dijadikan sebagai komitmen bersama dalam penerapan pembelajaran paradigma baru di SMKNU Miftahul Huda Kepanjen sebagai SMK Pusat Keunggulan. Komitmen tersebut merupakan bentuk ikhtiar SMKNU Miftahul Huda Kepanjen dalam rangka penyempurnaan kurikulum SMK PK sekaligus mencerdaskan kehidupan bangsa yang dimulai dari sekolah.


#smknumiftahulhuda #smkmifda #smkpusatkeunggulan #smkCOE #smkPK #smkTEFA #smkKeunggulan #smknumiftahulhudakepanjen 











Komentar Facebook :
Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]