Post Page Advertisement [Top]


 

Ketika suaramu begitu bernilai bagi sekolah ini masihkah engkau acuh tak mempedulikan?


Dalam sebuah negara demokrasi seperti Indonesia, tentu saja tidak asing jika sering terdengar di telinga kita tentang kata Pemilu. Pemilu merupakan salah satu pilar utama dari proses akumulasi suatu kehendak masyarakat. Pemilu sekaligus merupakan sebagai suatu proses pelaksanaan demokrasi untuk memilih seorang pemimpin.


1. Pengertian Pemilu


Sesuai Undang-undang Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pengertian pemilihan umum diuraikan secara detail. Pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dalam Negara Kesatuan Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 (UUD 1945). Dengan kata lain, pemilu merupakan sarana bagi rakyat untuk menjalankan kedaulatan dan merupakan suatu lembaga demokrasi.


2. Tujuan Pemilu


Secara singkat, tujuan pemilu adalah untuk menyeleksi para pemimpin pemerintahan baik eskekutif maupun legislatif. Serta untuk membentuk pemerintahan yang demokratis, kuat dan memperoleh dukungan rakyat dalam rangka mewujudkan tujuan nasional sesuai UUD 1945.


3. Asas-Asas Pemilu


Dalam pelaksanaannya, pemilu harus menggunakan beberapa asas, yaitu:  


Umum

Pemilu berlaku untuk semua warga negara yang memenuhi syarat. Pemilu tidak membedakan agama, suku, ras, jenis kelamin, golongan, pekerjaan, dan lain-lain.


Langsung

Masyarakat sebagai pemilih memiliki hak untuk memilih secara langsung dalam pemilihan umum sesuai keinginan sendiri tanpa perantara.


Bebas

Seluruh warga negara yang memenuhi syarat sebagai pemilih pada pemilu bebas menentukan siapa saja yanh akan dipilih untuk membawa aspirasinya tanpa tekanan.


Jujur

Semua pihak yang terkait dengan pemilu harus bertindak dan juga bersikap jujur sesuai peraturan yang berlaku.


Adil

Pelaksanaan pemilu baik pemilih dan peserta pemilu mendapatkan perlakuan yang sama, serta bebas dari kecurangan dari pihak mana pun.


Rahasia

Dalam menentukan pilihannya, pemilih dijamin kerahasiaan atas pilihannya. Pemilih memberikan suara pada surat suara dengan tidak dapat diketahui oleh orang lain kepada siapa pun.


Dalam rangka menumbuhkan nilai-nilai demokrasi di sekolah, sudah menjadi suatu agenda rutin   di SMKNU Miftahul Huda Kepanjen melaksanakan kegiatan pemilihan ketua dan pengurus OSIS secara langsung. Sebelum adanya pandemi Covid-19 kegiatan pemilu ini diikuti oleh semua warga sekolah. Setiap siswa mempunyai hak yang sama untuk mendaftarkan diri sebagai calon ketua dan pengurus OSIS. Pelaksanaannya direncanakan pada hari Sabtu 16 November 2021 dengan melibatkan seluruh civitas Akademika SMKNU Miftahul Huda Kepanjen


Kegiatan seperti ini merupakan ajang pesta demokrasi di sekolah yang berlangsung meriah. Tahapan dimulai dari calon ketua mendaftarkan diri yang diberikan kesempatan untuk melakukan orasi memaparkan visi, misi, dan programnya secara langsung di depan semua warga sekolah. Untuk tahun ini Panitia Pemilu sudah merencanakan untuk memberikan kesempatan Calon Terpilih untuk menyampaikan visi-misinya ke kelas-kelas. Kemudian dilaksanakanlah pencoblosan langsung yang diikuti oleh semua warga sekolah untuk memilih ketua dan wakil ketua sesuai dengan pilihan masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, dan rahasia sesuai asas-asas pemilu. Hasil pencoblosan kemudian dihitung secara terbuka di depan warga sekolah, calon ketua dan wakil ketua yang memperoleh suara terbanyak dialah yang berhak menjadi ketua OSIS dan wakil ketua OSIS.


Sobat Mifda, Mari kenali calon-calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMKNU Miftahul Huda Kepanjen Masa Bakti 2021-2022













 Salam demokrasi!


#pemiluOSIS

#PemiluOSISSMKNUMiftahulHUda

#SMKBISA #SMKHEBAT #SMKBISAHEBAT #SMKMiftahulHuda #SMKPusatKeunggulan #smkcoe #


 


Komentar Facebook :
Komentar dengan Akun Google :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]